10 Khasiat Jengkol untuk Kesehatan


Jengkol biasanya diketahui jadi dogfruit, ngapi nut, atau jering ialah spesies dalam keluarga kacang yang datang dari Asia Tenggara. Walau berbau yang benar-benar menusuk serta ciri khas, jengkol benar-benar terkenal dibuat bersama dengan sambal, rendang atau kari, serta khususnya jadi semur kecap manis di Indonesia. Berikut artikel tentang faedah jengkol untuk kesehatan.


Jengkol (Archidendron pauciflorum) adalah tanaman polong-polongan yang memiliki bentuk gepeng berbelit-belit membuat spiral, berwarna lembayung tua. Biji buah jengkol berkulit ari tipis dengan warna coklat mengkilap. Jengkol bisa memunculkan berbau tidak enak pada urin sesudah diproses serta diolah oleh pencernaan, khususnya jika dikonsumsi fresh jadi lalap.


Pohon jengkol bisa tumbuh sampai sampai ketinggian 10-26 mtr.. Tidak hanya jadi salah satunya menu makanan, nutrisi yang terdapat dalam jengkol berguna juga buat kesehatan. Di bawah ini beberapa faedah jengkol untuk kesehatan.
Faedah Jengkol

Berikut 10 faedah jengkol buat kesehatan :

1. Pembentukan Jaringan Badan
Kandungan protein yang tinggi pada jengkol bisa menolong membuat jaringan pada tubuh. Kandungan protein jengkol tambah lebih banyak jika dibanding dengan kandungan protein dalam kacang hijau serta kedelai.

2. Menahan Anemia
Jengkol kaya zat besi yang penting untuk menahan serta menangani kekurangan produksi sel darah merah pada tubuh. Bila badan kekurangan zat besi, produksi sel darah merah menyusut. Mengakibatkan, suplai oksigen serta nutrisi yang diperlukan oleh semua sel pada tubuh akan alami penurunan. Minimnya suplai oksigen serta nutrisi pada beberapa sel akan kurangi kapasitas sel serta bisa mengakibatkan penyakit anemia.

3. Menahan Osteoporosis
Tidak hanya zat besi serta protein, jengkol memiliki kandungan kalsium serta fosfor yang bisa menahan tulang keropos (osteoporosis). Jadi, seringkali mengonsumsi jengkol dengan bagian yang cukup membuat tulang pada tubuh Anda jadi lebih kuat.

4. Menolong Mencegah Radikal Bebas
Jengkol memiliki kandungan vitamin A serta vitamin C yang bertindak selaku anti-oksidan yang bisa mencegah radikal bebas pemicu kanker.

5. Menolong Menangani Penyakit Jantung
Jengkol ialah makanan diuretik (lancarkan pembuangan urin) yang benar-benar baik buat pasien penyakit jantung.

6. Merampingkan Perut
Jengkol dapat menolong merampingkan perut buncit sebab terdapatnya kandungan serat yang tinggi didalamnya. Salah satunya pemicu perut kembung adalah sebab satu orang alami buang air besar tidak lancar serta tidak teratur.

7. Menahan Diabetes
Jegngkol memiliki kandungan zat asam jengkolat berbentuk kristal yang tidak larut di air yang bisa menahan munculnya diabetes.

8. Menahan Penyempitan Pembuluh Darah
Pasien dengan penyakit jantung alami penyempitan pembuluh darah hingga saluran darah ke jantung jadi halus. Kandungan mineral dalam jengkol bisa memperlebar pembuluh darah yang mengkerut serta menahan penyempitan pembuluh darah kembali.

9. Menangani Sembelit
Kandungan serat dalam jengkol bisa menangani permasalahan sembelit, memberi pertolongan pencernaan serta buang air besar.

10. Kesehatan Janin
Jengkol berguna juga untuk perkembangan tulang serta gigi pada janin yang masih juga dalam kandungan. Faedah jengkol untuk ibu hamil. Perkembangan tulang serta gigi bisa berjalan maksimal sebab kalsium serta fosfor yang terdapat dalam jengkol. Selain itu, jengkol memiliki kandungan asam folat yang bisa menolong peranan organ penting pada tubuh.
Dampak Samping Konsumsi Jengkol

1. Konsumsi jengkol terlalu berlebih bisa mengakibatkan dampak toksik ke jantung, ginjal, hati serta pancreas.

2. Biji jengkol sedikit beracun sebab terdapatnya kandungan asam jengkol, satu asam amino yang bisa mengakibatkan djenkolism (keracunan biji jengkol). Tanda-tanda yang ada diantaranya berlangsungnya kejang otot, pirai, retensi urin, serta tidak berhasil ginjal kronis. Keadaan itu khususnya dirasakan pria.

3. Mengonsumsi jengkol dalam jumlahnya sedikit membuat permasalahan tampilan, sebab membuahkan berbau mulut, keringat, feses, serta urin. Sebetulnya berbau ini dapat ditangani dengan bersihkan diri dengan perlengkapan kebersihan yang memiliki kandungan pengharum, seperti pasta gigi, cairan kumur, sabun, serta deodoran. Berbau pada saat kencing bisa dikurangi jika pembilasan dikerjakan sebelum dan setelah kencing dengan jumlahnya air yang cukup atau jika memang perlu dibasuh dengan cairan pembersih.

4. Tidak hanya berbau, jengkol bisa mengganggu kesehatan satu orang sebab konsumsi jengkol terlalu berlebih bisa mengakibatkan berlangsungnya penimbunan kristal di saluranurin, yang disebutkan “jengkolan”. Ini berlangsung sebab jengkol memiliki kandungan asam jengkolat yang tinggi serta sulit larut di air pada pH yang asam. Efek terserang jengkolan ini beragam pada tiap orang serta dikuasai dengan genetik oleh lingkungan.

0 Response to "10 Khasiat Jengkol untuk Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel