Inilah Empat Cara Mengatasi Benjolan Pada Jari


Tonjolan dapat tampil di semua are kulit Anda, terhitung jari tangan atau kaki. Ini sebab tangan serta kaki seringkali menggenggam atau sentuh benda yang mungkin telah terkena oleh bakteri serta intisari lain.

Anda pasti tidak ingin tonjolan di jari tangan atau kaki mengganggu kegiatan harian serta tampilan Anda? Baca penjelasan di bawah ini mengenai langkah hilangkan tonjolan pada jari sesuai dengan sebabnya.

Pemicu tonjolan di jari tangan serta langkah menanganinya

Pada intinya, tonjolan di kulit bisa berlangsung pada pori-pori kulit atau folikel rambut. Diluar itu, tonjolan akan tumbuh serta berkembang bila kelenjar minyak terhalang, hingga tonjolan juga beralih warna jadi merah.

Tonjolan semacam ini umumnya dikarenakan oleh kista, kutil, atau gigitan serangga. Karenanya, sebelum tahu langkah menghilangkannya, Anda harus terlebih dulu tahu pemicu timbulnya tonjolan di jari tangan Anda.

1. Kutil

Salah satunya pemicu timbulnya tonjolan di jari tangan ialah kutil. Kutil ialah perkembangan kulit yang dikarenakan oleh virus serta umumnya berupa seperti kembang kol.

Tonjolan yang terhitung dalam tumor jinak ini bisa berlangsung pada anak kecil serta orang muda, tapi sebetulnya benar-benar jarang-jarang tampil di jari tangan atau kaki.

Keadaan ini lebih gampang terdeteksi sebab mempunyai warna yang berlainan dengan kulit jari Anda. Diluar itu, umumnya ada beberapa titik hitam pada tonjolan itu.

Seiring waktu berjalan, tonjolan jari tangan yang dikarenakan kutil dapat hilang dengan sendirinya tanpa ada penyembuhan. Tetapi, untuk menolong Anda, ada cara-cara untuk hilangkan keadaan ini.
Langkah menangani tonjolan di jari tangan/kaki karena kutil

asam salisilat untuk hilangkan kutil

Menurut American Academy of Dermatology, ada cara-cara untuk hilangkan tonjolan yang dikarenakan oleh kutil. Ini mempunyai tujuan untuk menahan kutil menebar ke jari-jari tangan yang lain, hingga diperlukan beberapa panduan untuk menangani permasalahan ini, yakni.

  • Memoleskan asam salisilat pada jari yang terserang kutil. Asam ini membuat susunan kutil mengelupas, hingga bertambah cepat untuk hilang.
  • Membekukan kutil dengan semprotan berisi nitrogen cair yang dingin. Ini akan membuat kutil melepuh serta lepas dari jari Anda.
  • Lakukan operasi

2. Pseudokista myxoid

Pseudokista myxoid adalah tonjolan halus berbentuk non-kanker yang dapat diketemukan di jari tangan. Biasanya, tonjolan itu ada dekat sama kuku serta dekat sama sendi jari paling jauh.

Beberapa orang yang menanggung derita osteoarthritis seringkali alami keadaan ini. Serta, dalam beberapa riset tunjukkan 64-93% orang dengan penyakit ini alami kista itu.
Langkah menangani tonjolan di jari tangan karena pseudokista myxoid

Sebetulnya, kista yang mengakibatkan tonjolan pada jari Anda akan hilang dengan perlahan-lahan tak perlu menggunakan obat-obatan. Namun, bila Anda cemas, mungkin cara-cara berikut ini bisa menolong Anda menangani permasalahan ini.

  • Cryotheraphy yang akan membekukan kista pada jari.
  • Menyuntikkan steroid atau obat kimia yang lain supaya cairan menyusut serta tonjolan berkurang.
  • Menyerang tonjolan, cuma bisa dikerjakan oleh dokter dengan jarum atau pisau yang bersih serta steril berkali-kali supaya kista jadi kering.
  • Memoleskan cream steroid pada wilayah yang terserang tonjolan.
  • Operasi yang akan memangkas kista serta menutupi ruang itu dengan perban atau penutup yang lain.

3. Rambut yang tumbuh ke

Buat Anda yang menyukai mencabuti bulu jari kaki atau tangan, kemungkinan bulu yang akan tumbuh malah ke arah ke kulit. Keadaan ini bisa memunculkan beberapa tanda-tanda yang ke arah pada tonjolan di jari kaki atau tangan Anda, seperti tonjolan merah serta abuh, seperti jerawat.

Diluar itu, rambut yang tumbuh ke ini bisa menyebabkan infeksi pada folikel rambut, yang biasa disebutkan folikulitis.
Langkah menangani tonjolan di jari tangan/kaki karena rambut tumbuh ke

Sama dengan pemicu yang lain, rambut yang tumbuh ke pun tidak membutuhkan perawatan spesial sebab dapat hilang dengan sendirinya. Tetapi, bila Anda ingin cepat permasalahan ini selesai, beberapa panduan berikut dapat Anda turuti.

  • Mengompres tonjolan dengan kompres hangat
  • Lakukan eksfoliasi wilayah bulu yang tumbuh ke dengan lembut.

4. Gigitan semut api

Semut api adalah semut yang berwarna merah. Bila semut berwarna merah ini menggigit Anda, peradangannya akan secara cepat berlangsung.

Hampir tiap orang yang memperoleh gigitan dari semut merah ini akan memperoleh tonjolan berisi cairan kekuningan sepanjang 24 jam.

Tidak hanya mengakibatkan gatal, tonjolan di jari tangan karena gigitan semut api ini kadang bisa memunculkan reaksi alergi.
Langkah menanganinya tonjolan di tangan karena gigitan semut api

Biasanya, rasa sakit pada semut biasa akan lebih baik beberapa waktu sampai jam sesudahnya. Meskipun memerlukan waktu beberapa minggu untuk hilangkan tonjolan itu, tidak ada kelirunya untuk coba beberapa panduan berikut ini.
  • Mengompres wilayah tonjolan dengan kompres dingin.
  • Memberi desakan konstan pada tonjolan.
  • Memoleskan cream yang memiliki kandungan 1% hidrokortison 3x satu hari atau kombinasi baking soda serta air pada wilayah tonjolan.
  • Mengonsumsi obat-obatan untuk alergi, seperti benadryl atau obat penghilang rasa sakit, seperi ibuprofen.

Tonjolan di jari tangan umumnya tidak membahayakan serta tidak memerlukan perawatan spesial. Namun, bila Anda cemas serta sangsi, Anda dapat konsultasi dengan dokter untuk memperoleh perawatan yang pas.

0 Response to "Inilah Empat Cara Mengatasi Benjolan Pada Jari"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel