Inilah Penyebab Bayi Tertawa Saat Tertidur



Potensi ketawa adalah satu diantara banyak pemberi tanda perubahan emosional bayi. Demikian si kecil mengerti asyiknya ketawa, dia akan makin seringkali mengerjakannya. Bayi serta bukan sekedar ketawa saat berhubungan dengan Anda, dan juga waktu tidur lelap. Kurang lebih, apa sebabnya?

Pemicu bayi ketawa saat tidur

Umumnya bayi mulai belajar untuk ketawa demikian masuk umur 3-4 bulan, tetapi ini bukan dasar buat semua bayi. Beberapa bayi mungkin akan ketawa beberapa waktu sesudahnya, serta ini adalah kejadian yang lumrah.

Tawa pertama umumnya ada sebab bayi lihat beberapa hal yang dia gemari, seperti muka orangtuanya atau mainan yang menggantung di atas tempat tidurnya. Bayi dapat juga ketawa saat dengar suaranya sendiri atau sebab ketawa membuat merasakan suka.

Waktu tidur juga bayi Anda terkadang ketawa. Khasnya, pemicu bayi ketawa waktu tidur belum didapati dengan tentu.

Beberapa pakar menyangka jika tingkah laku ini mungkin karena disebabkan bayi punya mimpi, tetapi belumlah ada cara nyata yang bisa menunjukkan sangkaan itu.

Walau demikian, ada keterangan yang cukup menjanjikan tentang kejadian ini. Seperti orang dewasa, bayi alami babak tidur yang disebutkan rapid eye movement (REM).

REM diikuti dengan pergerakan mata cepat disertai gerak badan dengan tidak sadar. Sepanjang babak REM, pergerakan pernafasan bayi jadi tidak teratur serta dapat berhenti sepanjang 5-10 detik.

Badan bayi seringkali alami pergerakan refleks pada tangan, kaki, sampai muka serta mulut.

Gerak refleks pada mulut membuat bayi seolah tersenyum serta ketawa waktu tidur. Ini searah dengan riset dalam jurnal Nature and Science of Sleep.

Riset itu temukan jika mulut bayi seringkali berkedut sepanjang babak REM berjalan.

Apa lumrah bila bayi ketawa saat tidur?

Lumrah buat satu orang bayi untuk ketawa saat tidur. Tetapi, pada beberapa masalah, ketawa saat tidur bisa mengisyaratkan keadaan yang disebutkan kejang gelastik. Kejang gelastik ialah kejang singkat yang membuat bayi ketawa sepanjang 10-20 detik.

Keadaan ini umumnya berlangsung demikian bayi berumur 10 bulan. Gejalanya dapat berlangsung saat bayi terlelap, atau saat bayi terjaga ditengah-tengah jam tidur. Tidak hanya ketawa waktu tidur, tanda-tanda lain dari kejang gelastik pada bayi ialah seperti berikut:

  • Mendadak kaget, terkejut, atau cemas saat tidur
  • Tersenyum
  • Mengeluh
  • Berceloteh
  • Mencicipi bibir
  • Buka mata serta terus memandang satu titik yang sama

Bila buah hati Anda alami tanda-tanda ini tiap hari, coba konsultasi dengan dokter untuk temukan sebabnya. Menganalisis kejang gelastik pada bayi cukup susah, serta ketawa waktu tidur bukan hanya satu tolok ukur untuk memastikan analisis.

Oleh karenanya, Anda butuh bertindak aktif dengan memberi info komplet tentang anak Anda. Katakan beberapa tanda-tanda yang Anda dapatkan dan ada-tidaknya pergantian pada sikap atau jadwal tidur si kecil.

Walaupun begitu, Anda tak perlu cemas. Kejang gelastik pada bayi adalah keadaan yang benar-benar jarang ada. Anda juga tak perlu terus-terusan mengamati si kecil saat dia tidur. Seandainya terlihat secara baik, kejang waktu tidur tidak membahayakan kesehatannya.

Ketawa waktu tidur ialah sisi normal dari babak tidur bayi. Orang dewasa juga dapat ketawa saat tidur serta ini seutuhnya lumrah. Hal yang penting, buah hati Anda masih tumbuh serta berkembang secara baik sesuai dengan usianya.

0 Response to "Inilah Penyebab Bayi Tertawa Saat Tertidur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel